Para Fasilitator PMPK

Kami siap melayani Anda...

Seluruh tim fasilitator berusia 55-61 tahun dengan keahlian masing-masing. Pengalaman, pengetahuan, keterampilan, perjalanan hidup dan passion kami membuat program PMPK lengkap, unik, menyenangkan & penuh kenangan. Kami telah melayani hampir 20.000 karyawan dari berbagai perusahaan dan organisasi.

Agus

Lydia

Mamad

Richard

Sulaiman

Syaiful

Utomo

Wawan

Richard Panggabean
(Fasilitator Wirausaha & Konsultan Bisnis)

Richard berkarier di PT. Caltex Pacific Indonesia (CPI), Sumatera, selama 23 tahun. Dia mengambil pensiun dini pada tahun 2004. Training dan Sertifikasi sebagai Qualifier diselesaikannya di Chevron Training Center, Lafayette, Louisiana-USA pada tahun 1998. Di usia yang hampir 60 tahun, dia meraih Certified Financial Planning.

Selama di CPI, berbagai jabatan telah diembannya baik di bagian Produksi, Maintenance dan Gugus Kendali Mutu. Jabatan terakhir adalah Team Leader Internal Certification untuk mensertifikasi sekitar 1.500 karyawan bagian Produksi dan Maintenance.

Setelah pensiun dini, Richard aktif sebagai fasilitator. Beberapa kliennya antara lain Chevron, Premier Oil, ConocoPhillips, HESS, Petronas Carigali Indonesia, Kangean Energy Indonesia, Pertamina, Kaltim Prima Coal, Tripatra, Schlumberger Indonesia, Merck, Alfamart, DHL Danzas, PT. Tatamulia Nusantara Indah, Sumitomo, Intiland Development, British American Tobacco, Kompas Gramedia Group, UNCHEM Chemical Industries, Bank BTN, Resort&Villas The Patra Bali, Jasa Tirta I, PTPN III, Mabes POLRI, Universitas Pelita Harapan-Tangerang, SMA Markus-Tangerang, Sekolah Budya Wacana dan berbagai organisasi sosial non-profit di pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo. Dia memberikan seluruh royalti buku-bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Richard sukses memiliki beberapa bisnis dan dia aktif memberikan inspirasi pada calon pensiunan untuk membuat terobosan-terobosan baru di wirausaha. Dia aktif membantu calon pensiunan menemukan passionnya. Komitmen dan integritas yang dimilikinya menjadi kendali yang kuat untuk terus mengembangkan diri sendiri guna menjadi motivator yang handal bagi bangsa Indonesia.

Sulaiman Budiman
(Fasilitator Investasi & Konsultan Keuangan)

Sulaiman seorang trader saham, penulis dan motivator yang handal.Jabatannya terakhir adalah sebagai Regional Manager Senior di Toko Buku Gramedia Matraman yang membawahi ratusan orang karyawan.Dibawah pimpinannya, toko bukunya menjadi salah satu terbesar di Asia Tenggara.Dia lulusan Middle Management Development Program dari Prasetya Mulia Business School.Di usia yang hampir 60 tahun, dia mengambil Certified Financial Planner.

Pada saat bekerja, Sulaiman aktif sebagai trainer internal Kompas Gramedia dan telah memberikan training kepada ribuan orang karyawan yang tersebar di berbagai cabang dan unit yang ada di berbagai provinsi di Indonesia untuk topik-topik yang berkaitan dengan MOTIVASI, SUPERVISORY,LEADERSHIP dan PUBLIC SPEAKING.

Beberapa kliennya: Chevron, Premier Oil, Pertamina, ConocoPhillips, HM Sampoerna, Perusahaan Gas Negara, Bank BTN, Bank Mandiri, Panin Bank, Bank Permata, Bank BRI, Alfamart, MERCK, PT. Tatamulia Nusantara Indah, Frank & Co Jewellery, Naughty, Frisian Flag, Harian Kontan, Warta Kota, Kompas TV, TRISAKTI, Universitas Tarumanegara, Universitas Indonesia, APINDO, Indah Kiat, Sriwijaya Air, Datascrip, PTPN III, POLDA di berbagai daerah.

Di tengah-tengah kesibukannya, Sulaiman aktif menulis buku-buku tentang motivasi dan pengembangan diri yang berjudul Golden Wisdom,Ubah Slogan Jadi Tindakan, Berani Menertawakan Diri Sendiri, dan Berani Teriak Berani Bertindak.Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo. Dia memberikan seluruh royalti bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Semangat untuk belajarnya tinggi untuk memberikan nikai tambah pada orang lain. Sulaiman percaya tidak ada orang yang terlalu tua untuk belajar apapun.

Wawan Sujanadi
(Fasilitator Agribisnis & Konsultan Bisnis)

Wawan menyelesaikan S-1 di Institut Pertanian Bogor tahun 1987 dan S-2 dalam bidang Magister Pendidikan di Sekolah Tinggi Manajemen Jakarta. Ia adalah instruktur dalam mengelola peluang bisnis di bidang agribisnis, yang meliputi usaha pertanian secara umum, baik di sektor peternakan, perikanan, tanaman, dan pascapanen.

Wawan mulai aktif dalam pelatihan persiapan pensiun pada 1998, diawali oleh program yang dikoordinasi oleh Pertamina di bawah naungan KKSD (Komite Kerja Sama antar—Diklat Pertamina) dan pesertanya terdiri atas para KPS.Sejak itu dia terlibat dalam kegiatan persiapan pensiun yang dilakukan KPS.

Dia telah melatih lebih dari 10.000 calon pensiunan karyawan BRI, BNI, BBD, BI, PLN, Pegadaian, Indomobil, Kimia Farma, Astra, Unilever Universitas Terbuka, Askes, Pupuk Kujang, Kompas Gramedia, Bank BTN, Bukit Asam Batubara, ARCO, Asem Merah, Caltex, ExxonMobil, Pertamina, SKKMigas, Expan, Petro China, Kondur, Stanfac Indonesia, ConocoPhillips, Chevron, Total, VICO, Kaltim Prima Coal, Bank BTN dan HM Sampoerna.

Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo.Dia memberikan seluruh royalti buku-bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Wawan aktif memberikan bimbingan dan pembinaan bagi mereka yang membuka usaha, baik dalam bidang pertanian ataupun di luar pertanian, seperti pendidikan (tata cara membuka sekolah/lembaga/kursus, dan lain-lain). Rasa humor yang tinggi dan kepribadian yang mudah bergaul membuat dia menjadi fasilitator favorite di setiap program persiapan pensiun.

Mamad Samadi
(Fasilitator Properti & Konsultan Keuangan)

Setelah menyelesaikan kuliahnya, Mamad merintis karier awalnya di bidang finansial. Dia kemudian bekerja di Pertamina pada tahun 1990 dan pensiun pada tahun 2011. Mamad meraih gelar master ganda, yaitu Magister Management dari Universitas Padjadjaran dan dari Kentucky University, USA, pada tahun 1998. Jabatan terakhirnya adalah Senior Vice President of Human Resources. Di usia 60 tahun, dia menyelesaikan Certified Financial Planning.

Mamad telah mengikuti berbagai pelatihan dan seminar baik di Indonesia maupun di luar negeri (Singapore, Melbourne, London, Jeddah, Tokyo dan Manila) dalam berbagai bidang: Accounting, TNA, Time Management, Audit, Cost and Benefit of HR, The Changing Nature of HR, Leadership Development Program, Performance Management, ARTDO, C & B, Safety Management dan Effective Business Skills.

Mamad adalah seorang yang aktif berkontribusi. Dia menjadi Komisaris pada beberapa anak perusahaan PT Pertamina. Selain itu, dia banyak berperan sebagai fasilitator, trainer dan pembicara dalam berbagai program pelatihan in house di Pertamina, antara lain di bidang Communication, Listening, Personal Effectiveness, Mindset Management, C & B, Team Building, Leadership, Performance Management, Problem Solving and Decision Making. Dia juga menjadi pengajar (non-permanen) pada dua Sekolah Menengah Atas, khususnya di bidang Keuangan, Pajak, Audit, Sumberdaya Manusia dan Bisnis.

Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo. Dia memberikan seluruh royalti bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Mamad melakukan persiapan dan perencanaan yang saksama untuk menjalani masa pensiunnya.Kesiapannya memang membuahkan hasil yang luar biasa. Sekarang Mamad mengelola kos sebanyak 91 pintu di daerah Jakarta, Bekasi dan Bandung.

Dengan ketrampilannya sebagai fasilitator, kepribadian yang ramah dan menyenangkan, Mamad sering diminta berbagi pengalaman menjadi pengelola kos yang sukses. Beberapa kliennya: Chevron, Pertamina (Persero), ConocoPhillips, Kaltim Prima Coal, Alfamart, HM Sampoerna, PTPN III, Pelindo 3, Semen Padang, PemProv DKI, Kemendiknas.

Bagi dia masa pensiun adalah karier kedua dalam hidup kita dan merupakan kesempatan besar untuk menjelajahi keterampilan kita dalam berbisnis untuk menambah nilai bagi orang lain.

Utomo Njoto
(Fasilitator Waralaba & Konsultan Bisnis)

Utomo adalah lulusan jurusan Ilmu Komunikasi dengan program studi Humas dan Per¬iklanan di FISIP Universitas Indonesia. Ia memiliki pe-ngalaman sejak 1989 di bidang konsultasi strategi pengembangan usaha, waralaba, pemasaran, dan periklanan, termasuk strategi komunikasi pemasaran untuk Initial Public Offering (go public) serta Corporate Identity Program untuk membangun dan meningkatkan citra (image) suatu perusahaan. Bersama timnya dia sedang mengambil Certified Financial Planning.

Pengalaman dalam copywriting dan script¬writing, serta keterlibatannya dalam proses pro¬duksi sarana komunikasi periklanan (print, audio, dan video format), sangat mendukung penyusunan Corporate Identity Manual, Franchise Marketing Tools, serta Operation Manuals yang menjadi bagian penting dalam Franchise Development Program.

Mulai 2004 Utomo menjadi salah satu pembicara dan narasumber utama dalam industri waralaba di Indonesia, serta menjadi kontributor bidang waralaba di majalah SWA dan Info FRANCHISE.Klien-klien konsultasi Pengembangan Sistem Waralaba seperti ILP, ODIVA, Disc Tarra, Mom n Jo, dan Apotek K-24 meraih penghargaan Franchise.

Bersama tim, Utomo pernah menangani proyek-proyek waralaba dan strategi pengembang¬an usaha bagi perusahaan-perusahaan di Singapura.Utomo membantu calon pensiunan Pertamina, HM Sampoerna dan Intiland Development untuk dapat memilih franchise yang tepat.

Beberapa kliennya adalah Apotek K-24, De Boliva, Mom n Jo (maternity spa), Bubble n Me, ODIVA, Disc Tarra, Healthy Choice, ILP (International Language Programs), Laundry Zone, Eiger, Rodalink (Polygon’s Bike Shop), I-ta Suki, Porong Wei, Sate LISIDU, D’Crepes, BonCafe Surabaya, Kidzgrow, dan Walking Cultur.

Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo.Dia memberikan seluruh royalti buku-bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Lydia Indira
(Konsultan Psikologi)

Lydia menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di bidang Psikologi dan Industri, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Sejak tahun 2003 dia berkiprah di dunia pendidikan sebagai Dosen di Psikologi Jayabaya Jakarta. Selain mengajar, Lydia juga aktif sebagai Associate di beberapa konsultan dan menangani berbagai kegiatan, seperti asesmen, konseling, training dan melakukan survey mengenai dampak psikologi pada beberapa Direktorat di Kementrian.

Selama menjadi Associate, Lydia berpengalaman sebagai asesor maupun fasilitator training menangani berbagai perusahaan, baik pemerintah, BUMN maupun swasta.

Beberapa kliennya adalah Pertamina EP, Pertamina (Persero), Bappenas, Ditjen Pajak, Kementerian Perhubungan, PLN, Kemenko Kemaritiman, Kemenko Polhukam, Kementerian PUPERA, Kementrian ESDM, BCA, Indonesia Power, Astra Agro Lestari, Astra Otopart, Kompas Gramedia, PT. Adhimix Precast, Trakindo Utama, Angkasa Pura, Pupuk Kujang, Pupuk Kaltim serta beberapa Perusahaan lainnya.

Sebagai konselor, dia aktif menangani program konseling di BCA dan duduk sebagai salah satu konselor di “Counseling Corner” PT Kompas Gramedia. Kepribadian Lydia yang mudah bergaul membuat seseorang mudah terbuka untuk berkonsultasi dengannya. Dia secara rutin menangani konseling pernikahan di program persiapan pensiun Pertamina dan Bank BTN.

Syaifullah
(Fasilitator Spiritual)

Sesudah Syaiful pensiun dari departemen Pendidikan tahun 2004, dia berkonsentrasi pada the Power of Spiritual. Kepribadiannya yang mudah bergaul, cara berpikirnya yang terbuka dan kesenangannya berbagi ilmu membuatnya sangat efektif membawakan sisi spiritual yang bersifat universal.

Pendidikan S1 Administrasi Negara Universitas Terbuka Jakarta dan S2 Administrasi Publik Uni​versitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Dalam satu bulan rata-rata Syaiful memfasilitasi 10 hari. Klien-kliennya: Bank BTN, SKKMigas, Pertamina, Guru SD, SMP, SMA se Kabupaten Jombang, Siswa SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, MA Jombang, Nganjuk, Madiun, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Blora, Paramedis RSUD Jombang, RSUD Tuban, RSIA Muslimat Jombang, RS Muslimat Ponorogo, Puskesmas se-Kabupaten Lamongan, Mahasiswa Baru Universitas Hasyim Asy’ari Jombang, STKIP PGRI Jombang, STIE Dewantara PGRI Jombang, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo, Diklat Migas Cepu, Diklat Pra Jabatan CPNS Jombang dan POLDA Jatim.

Syaiful sangat berbahagia bila para peserta menunjukkan perubahan sikap menuju ke arah yang lebih baik, lebih dekat dengan Tuhannya, lebih taat dan patuh kepada yang menciptakan hidup dan kehidupan.

Agus Pramudya Tresnaisdianto

Mengawali karirnya sebagai psikolog sejak 1986 setelah menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Psikologi UNPAD Bandung jurusan Psikologi Industri dan Organisasi dan pendidikan S2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada bidang kekhususan yang sama yaitu Psikologi Industri dan Organisasi. Mulai bekerja sejak mahasiswa sebagai asisten psikolog paruh waktu di PT Telkom kemudian setelah lulus bekerja di swasta yaitu dealer mobil dan perusahaan Dharmala Holding company sebagai asesor psikologi untuk seleksi pegawai.

Sejak tahun 1990 sampai sekarang Aguspram bekerja di lembaga riset pemerintah BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) yang digagas oleh BJ. Habibie sebagai psikolog yang menangani masalah pengembangan sdm melalui rekruitmen dan seleksi psikologi baik untuk karaywan BPPT sendiri juga seleksi beasiswa pendidikan ke luar negeri bagi karyawan lembaga riset pemerintah seluruh Indonesia.

Saat ini Aguspram bekerja di Pusat Teknoprener dan Klaster Industri BPPT, disamping sebagai psikolog untuk seleksi calon pengusaha pemula berbasis teknologi (startup) serta fasilitator untuk mendampingi (startup) dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat khususnya adalah pendampingan segi mental/psikologi untuk membekali para startup tersebut selama proses inkubasi untuk terjun dalam bidang kewirausahaan (entrepreneurship). Kegiatan lainnya adalah sebagai fasilitator dalam melakukan pendampingan beberapa perguruan tinggi negeri seperti UNS, UNDIP, UNSRI dan swata lainnya dalam menyusun kurikukulum technoprenership.

Disamping bekerja di BPPT, sejak tahun 1996 sampai sekarang Aguspram bekerja paruh waktu setiap hari Sabtu di MAN Insan Cendekia Serpong (Islamic Boarding School setingkat SLTA) sebagai psikolog untuk menangani kesulitan belajar maupun masalah pribadi siswa serta seleksi psikologi bagi guru dan karyawan. Kemampuan interpersonal dan komunikasi persuasif merupakan bekal Aguspram dalam meningkatkan motivasi belajar siswa serta permasalahan guru-guru dalam proses belajar mengajar.

Untuk menunjang pekerjaaannya sebagi psikolog, Aguspram memiliki sertifikat sebutan sebagai Psikolog No. 0102050747 dan Surat Ijin Praktik sebagai psikolog No. 0446-11-2-1 yang dikeluarkan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (Indonesia Psychological Association). Disamping itu Aguspram memiliki Certified Behavioral Analyst untuk administrasi DISC test maupun intrepretasinya untuk keperluan pemetaan kecenderungan perilaku individual maupun komposisi team yang efektif.

Menyadari akan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, Aguspram lebih menyukai dan mementingkan kolaborasi dan sinergi dengan otrang lain dari berbagai latarbelakan pendidikan dan keahlian daripada bekerja secara individual. Kolaborasi dan sinergi ini sangat penting karena psikologi sebagai ilmu perilaku manusia memerlukan pendekatan yang berbeda tergantung dari konteks atau permasalahan yang dihadapi. Untuk itu Aguspram memiliki minat yang tinggi untuk belajar dan belajar lagi dalam rangka menambah wawasan maupun pengetahuannya baik dari literatur yang ada maupun para pakar tua maupun muda. Senjata yang digunakan untuk hal tersebut adalah kesedian bertanya dan mendengar orang lain baik sebagai psikolog dalam melakukan pendampingan klien maupun bekerja dalam team.

Kompetensi lainnya disamping psikologi adalah dalam bidang multimedia seperti fotografer, videografer dan desain grafis yang didapatnya dari beasiswa dari JICA Japan International Corporation Agency di Okinawa-Japan selama 6 bulan. Dengan kompetensi ini Aguspram banyak diminta bantuannya untuk membuat dokumentasi untuk keperluan perusahaan maupun kegiatan sosial lainnya seperti pernikahan ataupun sekedar hobi dalam format printing seperti backdrop, buku, foto digital maupun video digital.

Bermain musik merupakan hobi sejak kecil karena Aguspram dibesarkan dari lingkungan bermusik. Ayahnya memiliki group band di kota kelahirannya Cirebon. Kemampuan bermain musik ini khsusnya bermain drum dalam group band membekali Aguspram untuk mempererat hubungan interpersonal secara informal dengan rekan kerjanya maupun sebagai wadah untuk selalu melatih diri untuk bersinergi dan kerjasama serta meningkatkan emphati untuk menghasilkan karya musik maupunkarya lainnya.

Moto “Memang baik menjadi orang penting tapi lebih penting menjadi orang baik” merupakan kata-kata yang selalu menjadi acuan dalam melakukan kegiatan apapun. Aguspram percaya janji Allah SWT bahwa kebaikan akan dibalas oleh kebaikan pula dikemudian hari dalam bentuk yang berbeda dan oleh orang yang berbeda serta waktu yang berbeda.